Biaya Operasi Total Hip Replacement dan Penanganan Sakit Tulang Belakang

 

Spesialis Tulang Belakang

Total hip replacement merupakan prosedur penghapusan baviaan yang sakit atau rusak di pinggul pasien kemudian menggantikannya dengan bagian-bagian buatan. Sendi buatan ini bisa dari plastik, keramik, logam, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut. Lalu, berapa biaya operasi total hip replacement?

Operasi Total Hip Replacement

Operasi penggantian pinggul total memakan waktu 1 ¼ - 2 jam. Di ruang operasi, ada seorang ahli bedah, seorang asisten ahli bedah, dan 1 atau 2 perawat ruang operasi yang bertugas untuk mempersiapkan barang-barang yang diperlukan selama operasi & anestesi.

Perlu anda ketahui, sayatan pada operasi ini menutupi sendi panggul dengan panjang sekitar 20 hingga 30 cm. Di ruang operasi, pasien akan diberikan antibiotik. Setelah operasi selesai, pasien akan dibawa ke ruang pemulihan dan dilakukan rontgen atau X-ray.

Sakit Tulang Belakang dan Penanganannya

Kerusakan sendi pinggul juga sering dikaitkan dengan sakit tulang belakang (spinal pain) karena memang lokasinya yang berdekatan. Sakit tulang belakang merupakan nyeri di bagian ruas tulang belakang. Sakit/nyeri ini bisa terjadi pada ruas tulang belakang bagian leher, punggung tengah & atas, pinggang, dan tulang ekor.

Beberapa gejalanya antara lain kesemutan/mati rasa, refleks melambat, kehilangan fungsi motorik, kejang otot saat beristirahat atau beraktivitas, postur tampak tidak normal, punggung bawah terasa kaku, sakit yang menjalar ke area lain, dan nyeri seperti tertusuk hingga 10-14 hari.

Jika anda merasakan gejala di atas, jangan tunggu untuk segera menemui dokter, apalagi kalau sakitnya tidak mereda dalam beberapa hari, bahkan minggu setelah mengkonsumsi obat. Setelah melakukan diagnosa, dokter akan mencarikan penanganan terbaik.

Penyebab sakit tulang belakang pun juga bermacam-macam. Diantara yang paling populer adalah kelainan tulang belakang, patah tulang, degenerasi diskus, hernia diskus, dan stenosis.

Ada juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko sakit tulang belakang seperti bertambahnya usia, jarang olahraga, kelebihan berat badan, aktivitas berat, pernah cedera sebelumnya, merokok, dan penyakit tulang belakang. Untuk itu, anda yang mengalami gejala di atas sebaiknya langsung menemui dokter spesialis tulang belakang.


Posting Komentar

0 Komentar